Manfaat Asam Jawa Untuk Ibu Hamil

Selain sebagai bumbu pelengkap dalam masakan, asam jawa juga sering kita temui sebagai minuman yang berkhasiat dalam kemasan. Asam jawa memang banyak digunakan untuk berbagai olahan masakan juga untuk mengilangkan bau amis.

Rasa segar yang bisa didapatkan dari minuman penyegar yang berbahan asam jawa tentu akan membuat ibu hamil menginginkan untuk mengonsumsinya. Lalu apakah asam jawa boleh dikonsumsi oleh ibu hamil?

Bolehkah dikonsumsi ibu hamil?

Karena dalam asam jawa tidak ada kandungan yang bisa membahayakan ibu hamil dan janin yang berada dalam kandungan bunda, maka ibu hamil tentu sangat aman mengonsumsi asam jawa dengan citarasa segar ini.

Selain itu sampai saat ini belum ditemukan informasi yang mengatakan bahwa asam jawa berbahaya untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Namun jika bunda masih ragu-ragu untuk mengonsumsi asam jawa saat bundahamil, bundasebaikny berkonsultasi dulu dengan dokter. Karena meskipun kandungan yang terdapat dalam asam jawa tidak ada yang membahayakan. Namun ditakutkan ada masalah pada tubuh bunda yang harus terhindar dari konsumsi asam jawa.

Manfaat asam jawa untuk ibu hamil

Setelah melihat pro dan kontra asam jawa untuk ibu hamil, sebaiknya bunda juga mengetahui manfaat asam jawa untuk ibu hamil. Selain beberapa manfaat kesehatan untuk kesehatan tubuh ibu hamil, asam jawa juga bermanfaat untuk meringankan gejala-gejala yang sering dirasakan pada masa awal kehamilan.

Ibu hamil pada trimester pertama yang sedang mengalami kondisi morning sicknes, maka asam jawa akan membantu  bundamengurangi rasa mual. Dan bisa mengembalikan mood untuk mengonsumsi makanan. Karena rasa kecut segar yang ditimbulkan dari asam jawa.

Manfaat lain dari asam jawa adalah untuk menjaga kekuatan tulang pada ibu hamil. Dan akan membantu pembentukan tulang pada janin yang berada dalam kandungan karena kandungan kalsium yang terdapat pada asam jawa cukup tinggi dan akan membantu menunjang kebutuhan kalsium pada ibu hamil yang tinggi.

asam polat juga merupakan salah satu zat yang terkandung dalam asam jawa. Dimana asam polat ini sangat dibutuhkan ibu hamil  karena bisa membantu pembentukan syaraf pada janin dan mampu mencegah terjadinya cacat lahir. Dan asam folat yang terkandung dalam asam jawa juga menjaga kandungan teta polat.

Menjaga kadar sel darah merah

Kondisi tekanan darah bunda pada saat hamil akan menjadi tidak stabil, dan ibu hamil seringkali mengalami kekuarangan darah yang akan mengakibatkan rasa pusing, lemas dan lunglai. Kekurangan darah ini diakibatkan karena kurang terpenuhinya kebutuhan zat besi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Karena adanya perbedaan hormone dan pembagian nutrisi, ibu hamil sering kali kekurangan vitamin dan zat besi. Oleh karena hal inilah ibu hamil memerlukan lebih banyak vitamin dan zat besi dibandingkan saat sebelum hamil.

Asam jawa memiliki kandungan vitamin dan zat besi yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan zat besi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain itu nutrisi alami yang terdapat pada asam jawa juga sangat baik untuk menjaga kesehatan bunda saat hamil.

Kandungan lain dalam asam jawa

Kandungan lain yang terdapat pada asam jawa adalah vitamin B1, B2, B3, B5, B6, E dan K yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Dan kandungan mineral yang terkandung dalam asam jawa adalah  pospor, magnesium, zink, sodium yang juga diperlukan untuk menunjang kehamilan yang sehat.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *