Manfaat Bawang Putih Untuk Kehamilan

Agar tubuh anda dan janin senantiasa dalam keadaan sehat, bunda harus teliti memperhatikan makanan yang bunda konsumsi.  Salah satu asupan makanan dengan nutrisi yang baik untuk ibu hamil adalah dengan mengonsumsi bawang putih segar.

Namun jumlah yang dikonsumsi juga tidak boleh berlebihan, bunda bisa mengonsumsi bawang putih sebanyak 2 sampai 4 siung bawang putih saja. 2-4 siung bawang putih segar ini setara dengan 600 sampai 1.200 ml ekstrak bawang putih.

Khasiat bawang putih

Nah berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat dari bawang putih yang baik untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan janin.

Menurunkan resiko praklampsia

Preeklampsia adalah kondisi tekanan darah tinggi. Kondisi tekanan  darah ibu hamil memang sering kali tidak stabil dan menyebabkan berbagai gangguan mulai dari tekanan darah menurun dan bahkan tekanan darah tinggi.

Preeklamsia ini juga seringkali berpotensi membahayakan ketika menyerang pada ibu hamil karena preeclampsia bisa merusak organ tubuh seperti menyerang ginjal dan menyebabkan diinduksi kehamilan.

Dengan mengonsumsi bawang putih segar, maka dapat menurunkan kemungkinan tekanan darah tinggi dan kemungkinan kadar protein dalam urine.

Meningkatkan berat badan janin  

Menurut beberapa penelitian membuktikan bahwa bawang putih bisa meningkatkan berat badan bayi yang dilahirkan dan menambah berat badan bayi yang lahir premature.

Penelitian ini membuktikan dengan pemberian ekstrak bawang putih pada sel plasenta dapat merangsang pertumbuhan janin.

Ibu hamil yang mengonsumsi bawang putih juga akan meningkatkan aktivitas enzim kehamilan abnormal.

Menurunkan  kolesterol dan masalah jantung

Bawang putih yang mengandung allicin bisa membantu mengurangi kadar kolesterol . senyawaaliccin ini juga bisa mengencerkan darah ibu hamil sehingga dapat mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung.

Mencegah kanker

Dengan rutin mengonsumsi bawang putih, bunda juga bida terhindar dari penyakit kanker terutama kanker usus besar. Menurut studi penelitian di China bahwa dengan mengonsumsi bawang putih, bawang merah dan bawang daun bisa menurunkan resiko kanker perut dan esophagus.

Mengobati infeksi jamur

Kandungan allicin yang terdapat pada bwang putih juga berkhasiat sebagai anti jamur dan mampu mengobati berbagai infeksi yang diakibatkan oleh jamur. Seperti kondisi kandidiasis kronis.

Mengobati flu, demam dan infeksi

Dengan mengonsumsi bawang putih juga bisa membantu melawan bakteri berbahaya yang bisa menimbulkan penyakit  yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Sehingga akan membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik.

Mengonsumsi bawang putih juga bisa meredakan penyakit ringan seperti flu dan demam.

Mencegah infeksi kulit dan mulut  

Bawang putih yang mempunyai khasiat antimikroba akan sangat membantu mengobati infeksi kulit dan mulut

Mencegah kerontokan rambut

Kembali lagi khasiat dari allicin yang terkandung pada bawang putih mempunyai khasiat yang cukup besar yang juga sebagai senyawa belerang. Oleh karena memiliki sifat senyawa belerang ini maka bawang putih bisa digunakan untuk mencegah kerontokan pada rambut yang biasa dikeluhkan oleh ibu hamil.

Setelah melihat banyaknya khasiat yang disebabkan oleh bawang putih berarti sangat jelas bahwa mengonsumsi bawang putih saat hamil tentunya aman dan bahkan bisa memberikan banyak manfaat.

Konsumsi bawang putih sebanyak yang dianjurkan diatas yaitu 2 sampai 4 siung saja. Karena jika terlalu berlebihan bisa berakibat tekanan darah bunda menurun dan menyebabkan penip[isan pada darah. Dan akan lebih baik lagi jika bunda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum bundamengonsumsinya agar disesuaikan dengan kondisi kesehatan bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *