Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil

Buah papaya memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menunjang mendapatkan kehamilan yang sehat dan pertumbuhan janin yang normal dan sehat.

Kandungan nutrisi yang terkadnung dalam buah papaya diantaranya adalah mineral, vitamin, serat, asam folat, protein dan nutrisi lain yang tidak kalah penting.

Kandungan nutrisi tersebut tentu saja memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang sedang dalam Rahim. Mengonsumsi buah papaya secara rutin tentu bunda akan mendapatkan hasil yang sangat baik untuk kesehatan kehamilan bunda.

Manfaat buah papaya

Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah papaya yang menunjang kehamilan sehat dan menunjang perkembangan janin:

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Nutrisi yang terkandung dalam buah papaya yang berupa vitamin A dan vitamin C memiliki manfaat yang sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaganya. Vitamin A dan vitamin C ini berperan penting sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga bunda akan lebih kebal dari serangan penyakit.

Mengatasi masalah pencernaan

Pada saat masa kehamilan ibu hamil akan sangat sering menemukan masalah pencernaan seperti sembelit, apalagi ketika usia kehamilan sudah memasuki usia hamil tua. Salah satu solusi yang bisa bunda gunakan saat sembelit adalah dengan mengonsumsi buah papaya.

Hal ini disebabkan karena dalam buah papaya terkandung serat dan vitamin yang dapat melancarkan pergerakan usus  sehinggamelancarkan sistem pencernaan.

Mengoptimalkan organ penglihatan pada janin

Mengonsumi buah papaya dengan teratur selama masa kehamilan bisa membantu mengoptimalkan perkembangan penglihatan pada janin yang didapatkan dari kandungan vitamin A yang terdapat pada papaya. Sehingga bisa menyebabkan organ penglihatan bayi saat lahir manjadi lebih sehat.

Meringankan morning sicknes

Pada awal masa kehamilan bunda pastinya sudah tidak asing dengan yang dinamakan morning sicknes dan merupakan gejala yang normal. Meskipun umum terjadi dan normal namun tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada ibu hamil.

Nah bunda salah satu solusi untuk menangani morning sicknes adalah dengan mengonsumsi buah papaya secara rutin setiap pagi.

Menyeimbangkan tekanan darah

Perubahana hormone juga seringkali mengakibatkan tidak terkontrolnya tekanan darah. Oleh karena itu bunda disarankan mengonsumsi buah papaya agar bisa mengontrol kadar natrium yang terdapat dalam darah selama masa kehamilan.

Karena jika natrium dalam darah stabil maka tekanan darah juga akan dalam kondisi normal. Hal ini sangatlah penting, karena biasanya wanita yang sedang hamil akan rentan terserang tekanan darah tinggi bahkan sebaliknya.

Mencegah dehidrasi

Kebutuhan cairan yang dibutuhkan ibu hamil meningkat hingga dua kali lipat dari biasanya. Oleh karena itu bunda harus lebih sering mengonsumsi cairan minimal 8 gelas sehari. Karena jika dibiarkan kekurangan cairan bisa sangat berdampak buruk pada kesehatan ibu hamil dan janin yang sedang dikandung.

Nah bunda tidak perlu hawatir karena buah papaya bisa menangani masalah dehidrasi ini, jadi sebaiknya rutin mengonsumsi buah papaya juga selama masa kehamilan.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan mengonsumsi buahpepaya untuk ibu hamil, yaitu hindari mengonsumsi buah papaya dalam keadaan mentah. Pastikan buah papaya tersebut matang dengan benar da bukan setengah matang.

Demikian artikel tentang manfaat dari buah papaya untuk ibu hamil. Setelah ini tentunya tidak ada alasan lagi untuk anda tidak menaruh buah papaya dalam hidangan buah rutin yang bunda konsumsi selama masa kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *