Manfaat Jahe Untuk Ibu Hamil

Jahe merupakan tanaman obat yang sering dimanfaatkan untuk mengobati masuk angina, padahal jaher juga mengandung banyak manfaat untuk ibu hamil. Namun sepertinya belum banyak yang mengetahuinya.

Karena banyaknya yang tidak tahu dengan manfaat dari jahe untuk ibu hamil, maka banyak yang ragu untuk mengonsumsinya karena ditakutkan akan membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Dan keraguan ini mungkin diperkuat dengan mitos yang beredar dimasyarakat bahwa ibu hamil tidak boleh mengonsumsi jahe karena rasa panas yang ditimbulkan.

Zat yang terkandung dalam jahe

Banyak yang beranggapan bahwa rasa panas yang dirasakan setelah minum jahe akan membahayakan janin yang berada dalam Rahim. Padahal tanggapan ini salah, karena justru jahe ini mengandung banyak manfaat untuk ibu hamil. Oleh karena mitos tersebut, jadilah manfaat jae untuk ibu hamil ini terabaikan.

Sebelum mengetahui apasaja manfaat dari jahe, sebaiknya kita mengetahui apasaja zat yang terkandung dalam jahe:

  • Zingeron, yaitu zat yang berperan dalam memberikan efek hangat
  • Senyawa phenol
  • Zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan Hb pada ibu hamil
  • Vitamin A, B1 dan C
  • Asam folat
  • Minyak asitri
  • Minyak damar, kamfer, borneol, gigerol, asam aminos, lipidas, niacin.
  • Asam folat

Manfaat jahe

Banyaknya zat yang terkandung dalam jahe, tentunya akan banyak juga manfaat yang bisa kita ambil untuk kesehatan tubuh ibu hamil. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

Menurunkan tekanan darah

Ibu hamil mungkin cenderung mengalami tekanan darah yang tidak stabil, dan kadang mengakibatkan kenaikan tekanan darah. Nah bunda bisa menurunkannya dengan mengonsumsi jahe karena:

  • Jahe akan merangsang pelepasan hormon adrenalin dan melancarkan pembuluh darah
  • Pembuluh darah yang melebar akan mempermudah aliran darah dan meringankan fungsi jantung

Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan lain dari jahe adalah enzim lipase dan protease, dimana enzim ini berperan untuk membantu dalam sistem pencernaan yang berguna untukmencerna lemak dan protein yang akan melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Meredakan maagh pada ibu hamil

Dengan mengonsumsi jahe, bunda bisa menurunkan asam lambung dan meredakan nyeri magh

Meredakan perut kembung

Jahe yang kaya dengan zata zingeron akan membantu bunda meredakan perut kembung yang identic dengan masuk angina.

Mengurangi gas berlebih

Ibu hamil yang kurang memperhatikan apa yang dikonsumsinya mungkin bisa kebobolan dan malah mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan gas dalam tubuh. yang mengakibatkan ibu hail merasakan perut yang begah.

Senyawa phenol yang terdapat pada jahe akan membantu bunda mengurangi gas berlebih yang terdapat dalam tubuh bunda.

Menghilangkan mual

dengan mengonsumsi minuman jahe hangat setiap pagi maka bundabisamengurangi rasamual dan muntah yang sering dialami pada saat kehamilan trimester pertama yaitu saat gejala morning sicknes sering muncul. Karena kandungan zingeron akan membuat perut menjadi lebih nyaman.

Menghilangkan pusing

 Gejala morning sicknes juga sering kali menimbulkan rasa pusing pada ibu hamil yang akan membuat rasa tidak nyaman. Cara untuk menghilangkan pusing dengan menggunakan jahe adalah sebagai berikut;

  • Konsumsilah jahe hangat saat merasa pusing
  • Hirup aroma jahe dari minuman sebelum meminumnya
  • Minyak aistri yang terkandung dalam jahe yang akan bermanfaat untuk menghilangkan pusing pada ibu hamil.

Nah setelah melihat berbagai manfaat yang bisa diambil dari jahe, apakah bunda masih ragu-ragu? Tentu saja bunda sebaiknya mengonsumsi seperlunya saja jangan sampai berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *