Manfaat Kunyit dan Efek Sampingnya Untuk Ibu Hamil

Pada saat hamil ada janin dalam tubuh bunda yang harus bunda lindungi sepenuhnya hingga bayi dilahirkan kedunia. Oleh karena itu bunda harus menjaga apapun yang masuk kedalam tubuh bunda, bunda harus memperhatikan makanan yang bunda konsumsi

Konsumsilah makanan yang mengandung banyak nutrisi untuk menujang kesehatan bunda selama masa kehamilan dan menunjak tumbuh kembang janin yang berada dalam Rahim  bunda. Meskipun banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, namun bunda harus menjaga makanan karenatidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan apapun.

Dan kunyit merupakan salah satu tanaman obat yang sering digunakan untuk pembuatan jamu, karena kunyit memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Namun meskipun begitu ibu hamil harus mengonsumsi kunyit dengan cara yang benar, karena jika dengan cara yang salah justru malah bisa membahayakan.

Selain sebagai bahan untuk membuat jamu, kunyit juga sering digunakan sebagai bumbu masakan untuk menambah cita rasa. Untuk bunda yang menggunakan kunyit instan sebaiknya melihat dahulu komposisi yang terkandung, dan pastikan agar kunyit instan tersebut mengandung nutrisi yang bunda butuhkan.

Namun untuk hasil maksimal dan mendapatkan manfaat kunyit sepenuhnya, sebaiknya bunda membuat ramuan kunyit sendiri di rumah, karena biasanya kunyit intan sudah dicampur dengan berbagai bahan seperti pengawet bahkan pewarna.

Manfaat kunyit

Mitosyang beredar dimasyarakat adalah dengan mengonsumsi terlalu banyak kunyit maka akan menyebabkan Rahim menjadi kering, padahal dalam dunia medis tidak ada yang dinamakan dengan kekeringan Rahim.

Meskipun pada saathaid kunyit memang banyak digunakan untuk meluruhkan darah haid dan darah haid bisa cepat bersih namun tidak sampai mengeringkan  Rahim.

Kunyit memiliki banyak nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan janin yang dipercaya bisa membersihkan bayi dari lemak-lemak yang menempel pada saat dilahirkan. Namun gunakan kunyit asli yang utuh dan hindari menggunakan kunyit instan karena ditakutkan ada kandungan yang berbahaya untuk dikonsumsi ibu hamil.

Kandungan yang terdapat dalam kunyit adalah:

  • Desmotoksiklumin
  • Lemak
  • Minyak astir
  • Kurkumin
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Pati
  • Vitamin C
  • Berbagai jenis garam mineral seperti kalsium, zat besi.

Efek samping kunyit

Dengan banyak kandungan nutrisi yang terkandung pada kunyit, namun bunda juga perlu waspada karena kunyit memiliki efek samping bagi tubuh. Dan jika bunda sedang mengonsumi obat antioksidan sebaiknya bunda menghindari mengonsumsi kunyit.

Berikut ini beberapa efek samping dari kunyit untuk ibu hamil:

Merangsang Rahim

Untuk ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari mengonsumsi kunyit karena kunyit bisa merangsang Rahim dan mendorng menstruasi.

Pendarahan

Kunyit bermanfaat untuk menghambat penggumpalan trombosit,namun meskipun demikian kunyit bisa menyebabkan pendarahan. Oleh karena itu ibu hamil sebaiknyamemiliki dosisi yang cukup saat mengonsumsi kunyit.

Gangguan pada lambung

Karena kunyit memiliki rasa yang pedas, maka jika bunda mengonsumsinya terlalu berlebihan bisa menyebabkan kena gangguan pada lambung.

Menurunkan efek kemotrapi

Jika bunda sedang menjalani kemotrapi untuk pengobatan terentu sebaiknya menghindari mengonsumsi kunyit karena bisa menyebabkan penurunan fungsi kempterapi.

Susah diserap tubuh

Unyit merupakan rempah yang sulit diserap tubuh. Maka jika bunda meggunakan kunyit instan pastikan mempunyai kandungan piperin, karena piperin akan membantu mempermudah penyerapan kunyit.

Selain untuk ibu hamil, mengonsumsi kunyit juga harus diperhatikan untuk ibu menyusui. Konsumsilah kunyit seperlunya saja dan jangan sampai berlebihan karena efek sampingnya akan berbahaya untuk tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *