Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

Buah pisang yang memiliki rasa manis dan sangat lembut sehingga sangat memudahkan untuk ditelan. Ternyata selain dua kelebihan itu buah pisang juga sangat kaya dengan manfaat.

Bahkan National Institutes of Health merekomendasikan untuk ibu Hamill agar rutin mengonsumsi pisang setiap hari sebanyak 3-4 porsi buah pisang. Karena nutrisi yang terkandung didalam buah pisang sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan menunjang pertumbuhan janin.

Buah pisang mengandung 105 kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Manfaat pisang

Dari banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah pisang tentunya akan banyak juga manfaat yang bisa dipetik dari buah pisang. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah:

Asam folat

Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena sangat berperan penting dalam menunjang perkembangan otak dan syaraf janin. Selain itu juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang belakang janin.

Asam folat juga berfungsi untuk mencegah defisiensi asam folat yang akan mengakibatkan bayi lahir premature dan bisa meningkatkan resiko cacat lahir.

 Zat besi untuk mencegah anemia

Ibu hamil sangat umum terserang anemia yang diakibatkan karena kekurangan zat besi. Oleh karena itu ibu hamil harus mencukupi kebutuhan nutrisinya agar terhindar dari anemia. Karena jika ibu hamil  sudah terkena anemia hal ini bisa berbahaya karena bisa menimbulkan komlikasi lain selama masa kehamilan hingga menjelang melahirkan.

Zat besi ini bisa didapatkan dari buah pisang, karena pada setiap 225 gram pisang terkandung 3% zat besi. Dan zat besi pada pisang ini akan menghasilkan hemoglobin yang akan membantu mencegah anemia.

Manfaat dari vitamin B6

B6 merupakan vitamin yang larut dalam air, manfaat dari vitamin B6 yang terkandung dalam pisang ini adalah untuk meningkatkan perkembangan sistem saraf pusat pada janin.

Mengonsumsi vitamin B6 yang cukup juga bisa mengurangi gejala morning sicknes pada awal kehamilan. Ibu hamil memerlukan setidaknya 1,9 miligram vitamin B6 untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6 tubuhnya. Dan pada setiap 1 pisang biasanya terkandung sekitar 4 miligram.

Meningkatkan pertumbuhan hemoglobin

Selain kandungan zat besi yang bisa meningkatkan hemoglobin atau sel darah merah, pisang juga mengandung vitamin B6 yang berperan dalam neurotransmitter yang akan membantu meningkatkan pertumbuhan hemoglobin.

Mengatasi sembelit

Dengan suplemen alami dari buah pisang, maka pisang juga bermanfaat untuk menghaluskan pergerakan usus dan menangani perut kembung.

Setiap 1 pisang rata-rata mengandung 6 gram serat yang akan memperlancar bbuang air besar sehingga terhindar dari masalah semebelit yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil.

Obat diare

Pectin yang terkandung dalam pisang juga akan menurunkan serat larut. Maka pisang akan bermanfaat untuk meringankan diare dengan cara menyerap kelebihan air yang bisa mengakibatkan tinja menjuadi encer. Selain itu pisang juga mengandung kalium yang bisa mengatasi kram usus yang biasanya menyertai diare.

Sumber kalsium

Setiap 200 gram pisang didalamnya terkandung 10 mg kalsium alami yang akan membantu perkembangan tulang dan sistem skeletal.

Kalsium juga bermanfaat untuk saraf yaitu dapat membantu memperlancar neurotransmitter saat proses kontraksi otot dan perkembangan janin yang berada dalam Rahim bunda.

Menjaga dari radikal bebas

Setiap 1 buah pisang rata-rata mengandung vitamin C sebanyak 33%, antioksidan ini bisa melawan proses penuaan dan untuk meningkatkan sistem imun tubuh bunda dan janin yang berada dalam kandungan bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *